Kenapa Perlu Belajar SEO?

Belajar SEO merupakan hal dasar yang bermanfaat untuk Anda yang mulai berniat untuk berkecimpung di dunia online. SEO singkatan dari search engine optimization yang bisa diartikan sebagai upaya memaksimalkan mesin pencarian.

Seperti diketahui bahwa sekarang ini mesin pencarian di dominasi oleh google. Karenanya tidak berlebihan jika SEO berarti upaya memaksimalkan posisi di hasil pencarian google.
Sebuah hasil SEO yang baik akan mampu menempatkan sebuah link blog atau website di posisi teratas hasil pencarian google. Jika sudah demikian, diyakini blog atau website itu akan kebanjiran pengunjung dari mesin pencari.

Kategori pengunjung dari mesin pencari ini sangatlah berkualitas. Bisanya pengunjung ini disebut pengunjung organik. Pengunjung organic kerap diidentikan dengan pengunjung tertarget.

Maksud dari pengunjung tertarget adalah pengunjung yang datang ke sebuah blog atau website melalui perantaraan mesin pencari atas sebuah “kata kunci” tertentu. Mereka tertarget karena kemungkinan besar melakukan suatu hal sesuai kata kunci yang dimintakan.

Misalkan seorang pengunjung mengetikan “beli jaket kulit” di google kemudian sampai ke sebuah blog yang berjualan jaket kulit. Pengunjung itu sangatlah tertarget karena kemungkinan besar akan melakukan beberapa hal berikut:

  • Mengunjungi took penjual jaket kulit sesuai informasi dalam blog itu
  • Melakukan transaksi pembelian online jika itu memang memungkinkan
  • Mencatat alamat blog penjual untuk kembali lagi di lain kesempatan
  • Mengirimkan pertanyaan kepada penjual
  • Melakukan pemesanan

Dari kemungkinan tersebut semuanya akan mengarah pada terciptanya penjualan atas jaket kulit.

Itulah pentingnya belajar SEO. Jika Anda sebagai penjual atas sebuah produk A, maka dengan pemahaman yang baik akan SEO, Anda bisa mentarget pengguna Google yang ingin membeli produk A tersebut.

Meskipun tidak 100% pengunjung akan membeli namun pengunjung tertarget merupakan konsumen yang berharga karena Anda bisa melakukan brand awareness kepada mereka. Mereka akan dengan mudah mengingat bisnis Anda dan kembali di masa mendatang.
Jika Anda ingin mewujudkan hal itu maka Anda perlu memastikan template blog, desain blog, sampai kontennya (artikel, foto, atau video) semuanya SEO friendly. Itulah makna penting kenapa belajar SEO. Jika Anda ingin mengalihkan bisnis Anda ke internet untuk meningkatkan penjualan pastikan bahwa SEO masuk dalam perhatian belajar Anda.


Semakin baik pemahaman SEO Anda maka semakin mudah bisnis Anda akan tumbuh besar dalam waktu tidak terlalu lama. Sudah siap untuk belajar SEO lebih lanjut? Untuk permulaan silahkan download ebook gratis SEO ini. Semoga bermanfaat.